Friday, February 4, 2011

Tips memilih ponsel bekas

  • Sebelumnya tentukan terlebih dahulu jenis ponsel yang hendak dibeli. Cari referensi tentang ponsel yang Anda inginkan, baik dari media massa, internet, maupun referensi teman. Sebaiknya sesuaikan jenis ponsel yang diinginkan dengan kebutuhan Anda. Jangan tergiur macam macam ponsel dengan berbagai fitur kalau malah tidak Anda butuhkan.
  • Membeli ponsel bekas bisa dilakukan di konter penjualan HP ataupun di pusat-pusat penjualan. Supaya Anda mempunyai alternatif pilihan dan harga yang bersaing, sebaiknya membeli ponsel bekas di pusat-pusat penjualan yang ada. Sehingga bila tidak cocok di satu konter tinggal pindah ke konter sebelahnya.
  • Pastikan kelengkapan yang menyertai ponsel bekas yang akan Anda beli, seperti kardus, buku panduan, charger, headshet dan casing (bila ada). Hindari membeli hp batangan karena umumnya kondisinya kurang baik dan tidak ada garansi.
  • Periksa kondisi fisik HP dan pastikan tidak terlalu mengecewakan. Perhatikan kaca pelindung LCD, kondisi baterai, casing, maupun keypad ponsel.
  • Tes kualitas ponsel yang akan dibeli dengan mencoba langsung, baik dengan menelepon, melakukan sms, ataupun menguji fungsi lainnya. Pastikan suara pada speaker dan mic masih bagus. Juga fungsi fitur lainnya bila ada, seperti kamera, bluetooth, radio, serta fitur lainnya.
  • Untuk harga, jangan sungkan menawar ponsel bekas. Apabila tidak mengetahui harga pasarannya, maka Anda bisa memperkirakan bahwa umumnya harga ponsel bekas tidak melebihi separo dari harga yang baru. Namun hal ini mungkin berbeda-beda untuk setiap toko dan wilayah.
  • Mintalah garansi resmi apabila masih ada. Kalaupun tidak ada, mintalah garansi dari toko. Ada toko yang berani memberikan garansi hingga bulanan karena ponsel bekas yang dijualnya bisa dipastikan masih bagus. Namun, umumnya garansi toko kurang dari satu bulan. Meskipun demikian, Anda bisa memanfaatkan garansi itu dengan menguji ponsel bekas pada seminggu pertama setelah dibeli.

No comments: